Indahnya Panorama Wisata Air Terjun Pelangi Curug Cimah


Sejuknya suasana air terjun pelangi curug cimahi

Bandung merupakan salah satu daerah yang secara geografis dikelilingi oleh pegunungan yang membuat Bandung memiliki beragam wisata alam yang memikat dengan ciri khas alamnya yang sejuk. Salah satunya wisata alam dengan pemandangan menakjubkan yang ada di daerah Cimahi.

Di daerah Cimahi ini ada satu tempat wisata yang patut dikunjungi wisatawan, namanya Air Terjun Pelangi. Sebetulnya tempat ini bernama Curug Cimahi, namun karena pihak Perhutani sebagai pengelolanya melakukan inovasi baru demi meningkatkan potensi wisata di daerah sekitar, maka digantilah namanya menjadi Air Terjun Pelangi.

Pada malam hari lampu hias di air terjun ini akan menghasilkan efek yang luar biasa indah. Disamping itu, pengelola menambahkan pula sarana untuk para pengunjung menikmati area curug ini dengan adanya dua dek bagi wisatawan untuk bersantai sekedar menikmati pemandangan alamnya.

Air Terjun Pelangi Curug Cimahi ini lokasinya ada di desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Lebih tepatnya di Jalan Kolonel Masturi, Cisarua. Lokasi air terjunnya sendiri terletak di ketinggian 1050 meter di atas permukaan air laut. Suhu di kawasan wisata Curug yang berkisar 18 – 22 derajat celcius membuat suasananya terasa lebih sejuk khas pegunungan di daerah Bandung barat.

Sementara sumber air terjun yang mengalir di Air Terjun Pelangi Curug Cimahi ini berasal dari daerah hulu Bandung barat, yakni berasal dari tempat wisata danau di Situ Lembang. Dari sana sumber air tersebut mengalir ke kota Cimahi dan sebagian airnya digunakan untuk sumber air minum oleh PDAM.

Lokasi wisata ini sempat ditutup pada tahun 2010 dikarenakan adanya renovasi dan revilatisasi. Nah, kemudian tepatnya pada bulan Desember 2014, lokasi wisata ini kembali dibuka dan telah mendapat inovasi dengan penambahan fasilitas baru, beserta sarana dan prasarananya. Lalu, konsep baru seperti apa yang ditawarkan di Curug Cimahi ini? langsung saja baca lanjutannya di bawah ini.

Wahana Menarik yang Ada di Air Terjun Pelangi

Air Terjun Pelangi Curug Cimahi ini memiliki keunikan dan keindahannya tersendiri dibandingkan dengan curug-curug lain yang ada di Bandung. Sebagai bukti apa saja yang menjadi daya tarik di Curug Cimahi ini, berikut ulasannya.

  • Curug Pelangi The Rainbow Waterfall
Air terjun pelangi curug cimahi saat menjelang malam hari

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada perubahan konsep dari Curug Cimahi ini dan menjadi faktor utama yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Terutama di sore dan malam hari.

Curug Cimahi telah dirubah konsepnya menjadi wisata air terjun ala Amerika dengan memunculkan warna-warni pelangi. Konsep ini digagas oleh ADM Perhutani KPH Bandung Utara, Wismo Tri Kuncoro yang terinspirasi dari wisata air terjun yang ada di negara bagian Colorado, Amerika.

Sangat indah melihat pertunjukkan air yang jatuh dari ketinggian 71 meter dengan permainan cahaya seperti merah, hijau, kuning, jingga, biru, dan warna lainnya layaknya pelangi.

Kenapa warna air terjun ini bisa berubah-ubah, dikarenakan pada bagian belakang air terjun dipasang lampu-lampu yang diatur untuk bisa menghasilkan warna-warni pelangi yang disorotkan ke air terjun.

Keindahan panorama air terjun pelangi tersebut akan terlihat dengan jelas saat sore dan di malam hari. Suguhan ini akan menjadi suatu perpaduan eksotisme dari alam pegunungan dengan teknologi pencahayaan yang memukau.

Akan lebih seru lagi jika pengunjung berjalan turun ke bawah menuruni anak tangga ke air terjun. Dari situ pengunjung akan lebih terasa menikmati eksotisme keindahan Air Terjun Pelangi Curug Cimahi dari setiap butiran air terjun yang membasahi wisatawan.

  • Terdapat Habitat Monyet
Adanya habitat kera di wisata air terjun pelangi curug cimahi

Disamping suguhan kilauan cahaya dari air terjun, liburan para wisatawan akan semakin seru dengan kehadiran dari satwa liar yang dilindung yaitu monyet.

Bila berkunjung ke wisata di daerah Cimahi ini, wisatawan akan melihat beberapa monyet yang disana.

  • Spot Foto yang Menarik

Banyak spot menarik untuk selfie di air terjun pelangi curug cimahi

Berwisata tak lengkap rasanya kalau tidak berfoto-foto ria. Ya, disini ada beragam spot menarik yang bisa dijadikan tempat berselfie atau mengabadikan sekedar momen saat liburan.

Sejak diubah konsepnya, wisatawan yang datang ke air terjun pelangi ini terus meningkat, baik turis lokal maupun mancanegara. Tak salah jika pada akhir pekan atau hari libur, kawasan ini selalu ramai pengunjung.

Di area atas air terjun dan juga area bawah sudah disediakan tempat untuk para wisatawan memanjakan diri dengan berfoto-foto ria.

Bagaimana nih, tertarik untuk datang mengunjungi Air Terjun Curug Cimahi atau ini? Masih banyak hal-hal yang seru lho yang hanya bisa Anda temui ketika mengunjungi langsung ke tempatnya.

Fasilitas di Wisata Air Terjun Pelangi

fasilitas untuk bersantai di air terjun pelangi curug cimahi

Demi kenyamanan para pengunjung, pengelola setempat sudah menyediakan berbagai fasilitas yang memudahkan dan memberi keamanan kepada semua tamu yang berkunjung ke wisata air terjun ini.

Fasilitas yang disediakan disini diantaranya:


Shelter/pemberhentian istirahat
Tempat Parkir
Pintu Pagar
- Pagar Pengaman
- Peta Lokasi
- Jalan setapak
Piknik Site
Bangku
Tempat Sampah
Pusat Informasi dan Pos Jaga
- Mushola
Warung atau rumah makan

Harga Tiket Masuk Air Terjun Pelangi

Papan nama pintu masuk wisata air terjun pelangi (curug cimahi)

Untuk harga tiket masuknya sebesar Rp 12.000 sebelum pukul 17.00, dan Rp 15.000 setelah jam 17.00 untuk menikmati pemandangan warna-warni dari air terjun.

Sedangkan untuk biaya parkirnya cukup membayar Rp 2.000 untuk sepeda motor, dan Rp 5.000 untuk mobil. Wisata air terjun ini beroperasi sampai dengan pukul 21.00 WIB.

Rute Menuju Air Terjun Pelangi

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke wisata Air Terjun Pelangi Curug Cimahi bisa mengambil rute dari kota Bandung yang hanya berjarak 20 km. Berikut jalur alternatif untuk Anda yang menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum.

Kendaraan Pribadi

  • Jalur pertama bisa melewati jalur Cimahi, sampai melewati arah Cihanjuang, lalu daerah Parongpong, dan lanjut ke arah Lembang.
  • Selanjutnya wisatawan bisa melewati jalur Cihideung ke arah Taman Bunga Cihideung menuju ke arah Cisarua.
  • Jalur lain jika dari arah Cimahi bisa melalui Jalan Kolonel Masturi ke arah Universitas Advent Indonesia menuju terminal Parongpong.


Transportasi Umum


  • Buat wisatawan yang menggunakan transportasi umum bisa naik angkutan umum via Ledeng – Sukasari dari Terminal Ledeng. Sesampainya di terminal Sukasari depan Villa Istana Bunga, turun dan lanjutkan menaiki angkutan umum Cisarua – Lembang.
  • Untuk wisatawan yang pergi dari kota Bandung, bisa menggunakan angkutan jurusan St Hall – Lembang dari stasiun Bandung. Kemudian dilanjutkan naik angkutan jurusan Lembang – Cisarua, nanti Anda akan turun tepat di depan gerbang Wahana Wisata Curug Cimahi.
  • Selain itu bisa juga lewat jalur dari terminal Ledeng, naik angkutan jurusan Ledeng – Parongpong. Berhenti di terminal dan dilanjutkan menggunakan angkutan via Parongpong – Padalarang.

1 komentar untuk "Indahnya Panorama Wisata Air Terjun Pelangi Curug Cimah"

  1. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 8 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    -bandar 66 (new game )
    Dapatkan Berbagai Bonus Menarik..!!
    PROMO MENARIK
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) |
    Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus

Posting Komentar

close