Mencicipi Kuliner Wapo Resto yang Terkenal di Surabaya dan 5 Rekomendasi Wisata Seru

 


Tak ada yang lebih menyenangkan selain jalan-jalan, makan, terus tidur kan! Hahaa.. Memang ya, dari zaman orang tua kita dulu sampai generasi milenial sekarang sangat suka yang namanya traveling. Setelah sekian lama, apalagi kesibukan work from home di masa pandemi jadi kurang punya waktu untuk menulis di blog. Tapi biarpun begitu yang namanya cari rejeki tetap harus work from heart. Kali mau cerita lagi nih jalan-jalan di kota Surabaya sewaktu virus corona belum menyerang. Selain ada beberapa destinasi wisata baru, mau berbagi juga nih soal restoran yang katanya sudah terkenal sekota Surabaya, yaitu Wapo Resto.

Sebelum sampe ke Wapo Resto, saya sempat mampir ke beberapa destinasi wisata yang seru di Surabaya ini.

Destinasi Wisata Menarik di Surabaya

Sebelum mampir dan mengulas lebih lanjut tentang Wapo Resto yang terkenal di Surabaya, lebih enak jalan-jalan dulu menyambangi destinasi-destinasi wisata menarik disini. Karena kalau belum lengkap rasanya kalau tidak menikmati spot wisatanya kurang seru pastinya, mari saja bahas satu persatu.

1. Kampung Lawas Maspati

Kampung mural 3D Lawas Maspati

Namanya Kampung Lawas Maspati. Biarpun namanya kampung, tapi disini gak terlihat kampungan dan justru unik dan kreatif. Kampung ini terletak di pusat kota dan tidak jauh dari Monumen Tugu Pahlawan sekitar 500 meter. Menariknya adalah di kampung ini bangunan-bangunan yang ada masih bergaya Belanda dan masih banyak yang eksis, kalau di Bandung, mirip-mirip lah dengan Asia Afrika dan Braga. Jadi, kamu musti mampir kesini karena bagus banget buat jadi spot foto.

Keunikan lainnya di Kampung Lawas Maspati adalah kampung ini sudah dirombak menjadi kampung mural 3D yang pastinya keren abis. Tampilannya yang instagrammable sangat cocok sebagai tempat swafoto yang kece! Maka, seperti yang saya bilang “biar kampung tapi gak kampungan”. Ya toh!

2. Atlantis Land

Atlantis Land

Buat pecinta negeri dongeng, destinasi ini menarik banget nih, namanya Atlantis Land. Dari bangunannya terlihat mirip Disneyland, megah dan seru pokoknya. Destinasi wisata yang berada di Jl. Sukolilo No. 100, Sukolilo Baru, Bulak, Surabaya ini menawarkan 32 wahana air yang cantik dan keren. Kalau kamu datang bareng keluarga ke Surabaya, jangan lupa ajak ke Atlantis Land ya. Kalau datang setelah maghrib tampilan Atlantis Land lebih cakep lagi guys, karena gemerlapnya cahaya lampunya semakin terlihat kesan negeri dongengnya.

3. North Quay

North Quay

Mau romantis bareng pasangan ala-ala Titanic? bisa banget kalau kamu berkunjung ke North Quay. Lokasinya ada di dalam dermaga kawasan Tanjung Perak, Surabaya. Kamu pastinya bisa melihat beberapa kapal yang bersandar di tempat ini. North Quay ini sudah jadi tempat wisata yang populer di kalangan milenial karena menyajikan pemandangan yang indah.

Biar lebih terasa romantisnya sembari menikmati panorama yang mengagumkan, sebaiknya datang sore hari. Apalagi kalau bukan untuk menikmati sunset bareng pasanganmu! Menjelang malam, kamu akan ditemani dengan indahnya lampu-lampu seperti sedang tour di kapal pesiar yang mewah nan megah sembari menikmati aneka makanan.

4. Kenjeran Park

Lokasi Dome of Sky

Kalau kamu ingin menikmati suasana laut, ke Kenjeran Park aja yang ada di daerah Jalan Raya Pantai Lama, Kenjeran, Bulak, Surabaya. Disini kamu akan disuguhkan beberapa tempat wisata untuk dijelajahi dalam satu waktu, seperti Pantai Kenjeran, Patung Budha Catur, serta Dome of Sky yaitu berupa bangunan berbentuk seperti Pagoda di China. Kamu akan serasa liburan di Thailand :D

5. Hutan Bambu Keputih

Hutan Bambu Keputih

Mau jalan-jalan sambil cari spot foto yang bertemakan alam? Ada ko. Main saja ke Hutan Bambu Keputih yang berlokasi di Jalan Raya Marina Asri, Keputih, Sukoliko, Surabaya. Berdasarkan informasi yang ada, sebelum jadi hutan bambu indah nan mempesona, hutan ini dulunya dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah lho. Sekarang benar-benar sudah disulap jadi spot wisata yang asik dan nyaman untuk foto-foto ataupun prewedding. Sekilas Hutan Bambu Keputih ini mirip destinasi wisata yang ada di Jepang. Buat yang udah pernah ke Jepang pasti tahu dong!

Mencicipi Kuliner di Wapo Resto yang Terkenal di Surabaya

Lokasi Wapo Resto

Akhirnya yang ditunggu-tunggu guys, kita sampai pada saatnya untuk mencicipi aneka kuliner di Wapo Resto. Bagi warga Surabaya tentu sudah tidak asing lagi dengan Wapo Resto, yang bisa dibilang salah satu ikon rumah makan hits di kota Pahlawan ini. Restoran sudah ada sejak tahun 1995 oleh Erfan Suryanto dengan mengusung konsep tempat makan yang nyaman dan berkelas serta harga terjangkau untuk semua kalangan.

Kata Mas Erfan, Wapo singkatan dari kata ‘Warung Pojok’. Karena restorannya memang letaknya ada di pojok jalan pertigaan Karangmenjangan-Jojoran, Surabaya. Selain itu, letak restorannya yang juga strategis berada tepat berhadapan dengan Universitas Airlangga membuat restoran ini langsung terkenal di kalangan mahasiswa Surabaya. Seiring berjalannya waktu penggemar Wapo kini sudah merambah ke pegawai kantor, pejabat, hingga artis pun pernah singgah makan di tempat ini.

Suasana di dalam Wapo Resto

Buat kamu yang hobi makan, disinilah surganya. Begitu sampai di restoran ini, kamu pasti kebingungan dengan banyaknya pilihan menu. Mungkin ada sekitar 70-an jenis masakan yang bikin lidah kamu bergoyang terus gak berhenti ngunyah. Mulai dari olahan nusantara, Eropa sampai masakan Chiness Food ada dengan porsi yang cukup melimpah.

Selain menawarkan menu yang sudah pasti enak, tempatnya pun nyaman banget. Bangunan restoran ini terdiri dari dua lantai, lantai satu untuk ruangan no smoking area lengkap dengan AC (bukan angin cepoi-cepoi). Sedangkan lantai duanya untuk smooking area. Khusus di lantai dua ini sengaja didesain semi outdoor untuk anak-anak muda yang ingin nongkrong ataupun ngadain acara reunian bisa banget disini.

Dari segi pelayanannya oke, dan setiap pesanan pelanggan kurang lebih menunggu sekitar 15 menit. Lanjut bicara soal harga, semua menu di Wapo Resto benar-benar terjangkau mulai dari Rp 26.000 sampai yang paling mahal Rp 66.000. hidangan yang disajikan lengkap, ada jajanan, makanan berat, minuman hingga dessert.

Untuk makanannya yang dipesan kali ini lumayan banyak. Pertama ada Soto Daging, ini beneran porsinya cukup besar dan dagingnya itu gak pelit. Rasanya cukup nendang karena kuahnya gurih bikin seger, apalagi kalau pake jeruk nipisnya makin endol. Buat makan siang oke banget dengan harga per porsi Rp 31.818!

Soto Daging Ala Wapo Resto

Selanjutnya ada Gurame Saus Asam Manis. Menu ini salah satu yang the best karena citarasanya gak berubah dari dulu, masih tetap sama. Daging guramenya gak abal-abal yang empuk digoreng krispi bercampur saus asam manisnya top markotop banget. Dijamin puas! Harganya Rp 73.636.

Gurame Saus Asam Manis

Menu terakhir guys ada Nasi Goreng Wapo yang porsinya bombastis. Gede banget, bisa buat bertiga sampai berempat kalau yang makannya irit. Rasa gurih nasi gorengnya juga pas banget, gak terlalu manis dan harus dimakan bareng-bareng memang sih biar lebih enak.  Coba aja liat porsinya ini dan rasanya gak bakalan mengecewakan dengan harga Rp 36.000.

Menu Nasi Goreng Wapo

Buat penyegarnya ditutup dengan Es Teler dengan isian bermacam-macam, ada kolang kaling, pacar cina, irisan alpukat, mangga, dan kelapa yang dipadukan sama susu plus es serut. Rasanya pasti seger nampol, dingin-dingin nagih hahaa! Harganya Rp 22.000 saja. (maaf gambarnya kurang bagus)

Es Teler Wapo Resto

Jadi, kalau ada waktu luang main-main ke Surabaya dan mampir ke Wapo Resto ya. Dijamin pulang kenyang hati senang, kantong aman. :D
 

Tidak ada komentar untuk "Mencicipi Kuliner Wapo Resto yang Terkenal di Surabaya dan 5 Rekomendasi Wisata Seru "

close