10 Pilihan Hotel Terbaik di Kota Solo, The Spirit of Java


Kota Solo sebagai lambang The Spirit of Java

Buat kamu pecinta seni dan budaya, kota Solo sangat tepat untuk kamu datangi. Terlebih kota Solo yang di tahun 2018 ini mendapat predikat sebagai “Kota Layak Huni”. Maka dari itu Solo harus jadi salah satu list untuk liburan kamu.

Solo, The Spirit Of Java

keliling Solo dengan Sepur Kluthuk Jaladara

Tahukah kamu bahwa sebutan The Spirit Of Java yang sesungguhnya adalah kota Solo? Gelar The Spirit of Java bukan sembarang sebutan melainkan karena kota Solo merupakan representasi dari kota Jawa dan sekaligus mencerminkan kota seni dan budaya.

Kota yang sudah berusia 250 tahun ini punya banyak situs-situs bangunan sejarah yang bernilai yang layak kamu kunjungi. Menariknya situs-situs tersebut ada yang letaknya terpencar, ada juga yang bertebaran di berbagai lokasi, dan ada pula yang terkumpul di sekian lokasi sehingga terlihat seperti membentuk kota tua. Keraton Surakarta merupakan salah satu peninggalan bangunan bersejarah yang kental akan budaya jawa jaman dahulu. Tak hanya itu hingga kini satu areal di dalam keraton Surakarta masih dipakai untuk upacara adat Grebekan 1 Syawal dalam kalender Islam.

Memiliki bentuk arsitektur dengan sentuhan gaya eropa membuat Keraton Surakarta punya keunikan tersendiri. Patung-patung beronamen eropa menjadi pertanda bahwa kejayaan Keraton di masa lalu.

Wisata di Kota Solo

1. Taman Balekambang

Taman Balekambang Solo

Kalau kamu sedang berlibur di Solo dan ingin jalan santai, bisa banget ni datang ke Taman Balekambang. Suasananya adem dengan banyaknya pepohonan rindang, dan udaranya yang sejuk cocok untuk melepas lelah dan beristirahat sejenak dari suasana kota. Tidak hanya jalan-jalan, kamu pun bisa melakukan kegiatan lain seperti menikmati wisata air di kolam Partini Tuin. Dan masih banyak permainan lainnya yang disediakan.

Letak Taman Balekambang cukup mudah dijangkau ada di Jalan Ahmad Yani, utara Kota Solo. Untuk tiket masuknya tidak dipungut biaya alias gratis, cukup dengan membayar parkir. Namun, apabila ingin menikmati permainan yang ada di dalam taman seperti flying fox, becak hias, dan lainnya tentunya kamu harus bayar. Tak perlu takut merasa kelaparan karena ada banyak stand kuliner yang bisa kamu nikmati. Untuk jam operasinya Taman Balekambang ini buka dari pukul 07.00 sampai 17.00.

2. Pandawa Water World

Wisata pandawa water world

Solo juga menawarkan wisata air untuk keluarga yang asik yaitu Pandawa Water World. Ragam permainan wahana air ada semua disini yang pastinya acara liburan kamu dan keluarga semakin seru.

Buat kamu yang ingin mengunjungi Pandawa Water World lokasinya ada di Jl Cernara Raya Solo. Menariknya di wahana ini adalah desain tempatnya yang dibangun berdasarkan karakter atau tokoh dari pewayangan Pandawa. Nah, tiap tokoh pewayangan ini punya jenis permainan air yang berbeda.

Harga tiket masuk ke wisata Pandawa Water World untuk weekdays Rp 80.000 dan untuk weekend Rp 100.000. biasanya musim liburan tempat wisata ini akan penuh dengan pengunjung, namun kamu bisa datang lebih pagi karena untuk jam operasionalnya buka dari pukul 07.00 sampai dengan 06.00 sore.

3. Taman Sriwedari

Taman Sriwedari Solo

Jika liburan ke Solo kamu harus berkunjung ke Taman Sriwedari. Taman cantik ini mempunyai beberapa tempat menarik untuk kamu jelajahi. Di Taman Sriwedari ini terdapat Gedung Pertunjukan Wayang Orang Sriwedari, Taman Hiburan Rakyat Sriwiedari, dan juga rumah joglo besar yang bisa juga sebagai lokasi pementasan seni.

Berlokasi di Kecamatan Lawiyan Solo, di taman ini juga banyak digelar beragam tradisi hiburan malam selikuran. Taman yang dibangun di era Pakubuwono ke X juga memiliki arena bermain untuk anak-anak dengan suasana sejuk pepohonan di sekitar taman. Selain itu juga kamu bisa melihat pertunjukkan wayang orang seperti Mahabarata dan Ramayana di dalam Gedung Wayang Orang.

Untuk bisa masuk ke taman bersejarah ini cukup membayar Rp 3.000 saja. Sangat cocok untuk liburan kamu bersama keluarga sekaligus mendapat ilmu tentang sejarah pewayangan jawa.

4. Museum Fosil Sangiran

Bagian luar Museum Purbakala Sangiran

Satu lagi tempat wisata sejarah yang patut kamu kunjungi jika berkunjung ke Solo, yaitu Museum Fosil Sangiran. Di museum ini kamu akan diberi pengetahuan tentang sejarah ilmu emngenai antropologi dan geologi serta biologi dan paleoantropologi.

Museum dengan luas 56 km persegi ini terdapat beragam hal yang berhubungan dengan sejarah manusia dari awal kemunculannya. Buat kamu mahasiswa atau pelajar sekolah yang ingin belajar tentang filosofi manusia mulai dari kebudayaan manusia jaman dulu hingga proses evaluasi manusia sangat tepat datang ke Museum Fosil Sangiran.

Bagian dalam Museum Purbakala Sangiran (fosil gading dan contoh gambar gajah purba di sangiran)

Tidak hanya itu, museum yang dibangun dengan gaya rumah joglo ini punya beragam ruangan. Terdapat ruang pameran yang berisi fosil-fosil manusia, serta aula. Di sini juga terdapat ruangan laboratorium dan ruang audio visual untuk pemutaran film mengenai manusia prasejarah.

Buat kamu yang ingin merencanakan liburan ke Solo dan tertarik datang kesini, kamu bisa datang ke Desa Krikilan Kalijambe, Sragen. Fasilitas lainnya di tempat ini ada area parkir, mushola, dan juga toilet.

Pilihan Hotel Terbaik di Solo

Liburan pastinya perlu tempat menginap bukan. Nah, kalau kamu berkunjung ke Solo, hotel-hotel berikut ini bisa kamu jadikan pilihan yang tepat.

1. Best Western Premier Solo Baru

Bagian dalam kamar hotel Best Western Premier Solo Baru

Apabila kamu menginginkan hotel terbaik di Solo, hotel Best Western Premier Solo Baru inilah jawabannya. Tak hanya sekedar menjual nama saja, melainkan hotel ini punya pelayanan yang sangat baik pula. Ditambah dengan suasana hotel yang super nyaman dijamin buat kamu betah untuk menginap disini.

Lokasi hotelnya sangat mudah ditemui yang berada di jalan Ir. Sukarno Nampan Madegondo di Sukoharjo Solo. Patokannya hotel ini berdekatan dengan Hartono LifeStyle Mall dan juga The Park Solo Super Mall. Di hotel Best Western Premier Solo Baru ini juga disediakan fasilitas Wi-fi yang gak bikin kamu bosan selama menginap.

Untuk jenis kamarnya di hotel ini disediakan 6 tipe kamar dengan harga per malamnya mulai dari Rp 660.000. Kemudian untuk fasilitas yang disediakan mulai dari restoran, pertokoan, kolam renang outdoor, penitipan bayi, ATM, dan juga melayani penukaran mata uang asing.

2. Lorin Solo Hotel

Suasana kamar di Lorin Solo Hotel

Lorin Solo Hotel bisa jadi hotel yang tepat untuk kebutuhan kamu selama liburan. Penginapan di kota Solo yang bergaya mewah dan laguna dengan cahaya berkilauan, ditambah dengan taman bunga yang cantik akan membuat liburan kamu berkesan. Dengan suasana yang ditawarkan tentunya bikin siapapun yang menginap disini akan terasa betah dan nyaman.

Lokasi hotel ini berada di jalan Adi Sucipto dekat dengan bandara dan juga pusat kota Solo. Hotel bintang 5 ini menyediakan 359 kamar dengan 4 jenis kamar dan bungalow. Sementara untuk bungalownya punya dua kamar tidur dan juga spa pribadi. Sangat cocok untuk kamu yang ingin privasi kamu tidak terganggu. Menginap di hotel ini kamu akan benar-benar terasa dimanjakan, ditambah dengan ruangannya yang bebas dari rokok.

Harga satu unit kamarnya mulai dari Rp 400.000 per malamnya dengan fasilitas kamar meliputi AC, minibar, kulkas mini, TV, dan juga disediakan juga pembuat teh, dan juga perlengkapan mandi.

3. Syariah Hotel Solo

Bangunan megah Syariah Hotel Solo

Satu lagi hotel yang berada dekat di Bandara yaitu Syariah Hotel Solo. Hotel yang dibangun 12 lantai ini berlokasi di Jl Adi Sucipto 47 dan hanya 5 menit dari bandara. Lalu untuk kamu yang ingin ke pusat perbelanjaan dari Syariah Hotel sangat dekat, hanya berjarak 10 menit.

Syariah Hotel Solo ini punya 378 kamar yang berdesain minimalis dengan 4 tipe kamar. Disamping itu di hotel ini terdapat 3 ballroom dan juga ruang pertemuan yang dapat menampung hingga 700 orang. Lalu untuk fasilitas lain disediakan juga restoran untuk kamu yang kelaparan dengan berbagai masakan halal. Bagi umat muslim juga disediakan mushola untuk menunaikan ibadah sholat.

Bicara soal harga hotel Syariah Hotel Solo ini cukup mahal yakni Rp 800.000 per malamnya. Namun, menginap disini tentunya akan membuat suasana yang nyaman dengan segala fasilitas yang ditawarkan dan dijamin membuat kamu betah selama liburan.

4. Kusuma Sahid Prince Hotel

Lobi Kusuma Sahid Prince Hotel

Hotel Kusuma Sahid Prince Hotel merupakan hotel yang paling dikenal di Solo. Terletak di kawasan kebudayaan jawa, hotel ini memiliki bangunan dengan sejarah yang panjang dan berdesain kerajaan yang konon merupakan tempat kediaman pangeran Solo.

Satu kata yang bisa digambarkan dari hotel ini adalah mewah dan modern. Meski banyak bermunculan hotel-hotel dengan gaya modern saat ini, hotel Kusuma Sahid Prince Hotel tetap melestarikan nilai-nilai budaya jawa yang ada di setiap sudut bangunannya.

Hotel yang terletak di Jl. Sugiyopranoto No 20 ini hotel bintang 5 yang memiliki 6 tipe kamar dengan harga mulai dari Rp 350.000 hingga Rp 3.000.000 per malamnya. Terdiri dari pendopo tradisional dan beberapa desain kamar modern menggambarkan keagungan dan ketenangan. Untuk fasilitas terdapat kamar tamu modern yang elegan, dan kolam renang yang cukup luas. Disini juga disediakan restoran dengan hidangan seafood yang sesuai bagi para bangsawan. Terdapat juga bar mini untuk kamu yang ingin ngopi santai.

Suasana yang nyaman, dan penuh dengan nilai-nilai sejarah jaman kerajaan Solo akan kamu jadi pengalaman tak berharga kamu menginap di hotel ini.

5. Aston Solo Hotel

Suasana fasilitas kamar hotel Aston Solo Hotel

Buat yang masih bingung tempat menginap di Solo, Aston Solo Hotel bisa jadi pilihan yang tepat. Lokasi Aston Hotel Solo ini berada di jalan Slamet Riyadi 373 yang lebih tepatnya di kawasan batik Laweyan. Patokan lokasinya hotel ini dekat dengan Kasunanan dan Keraton Mangkunegara. Hotel ini memiliki 5 tipe kamar ini yang lebih tepat untuk kegiatan wisata bisnis.

Aston Hotel Solo menawarkan harga mulai dari Rp 400.000 per malam dengan beragam fasilitas yang bisa kamu pakai. Disamping itu terdapat juga 3 ruang serba guna dan ballroom yang mampu menampung sekitar 700 orang. Lalu untuk fasilitas kamarnya tidak kalah lengkapnya meliputi wifi, TV, AC, kamar mandi shower, dan juga perlengkapan mandi.

Di hotel ini para pengunjung dapat menikmati pelayanan yang sempurna dan kenyamanan suasana dengan sentuhan batik klasik tradisional asli dari kota Solo.

6. Horison Aziza Solo

Fasilitas kolam renang Horison Aziza Solo

Liburanmu akan berkesan jika sudah mempersiapkan segala sesuatunya dengan benar termasuk memilih penginapan. Berlibur ke Solo akan terasa sempurna dan menyenangkan bila menginap di Horison Aziza Solo. Buat kamu yang menggunakan transportasi kereta, jaraknya hanya 15 menit dari stasiun dan 30 menit dari bandara.

Harga hotelnya pun cukup murah mulai dari Rp 350.000 per malam, menawarkan berbagai fasilitas dan akomodasi yang membuat kamu betah untuk menginap. Pelayanannya yang baik memberikan kenyamanan sempurna untuk liburan kamu.

Ada 3 tipe kamar yang ditawarkan oleh Horison Aziza Solo dengan fasilitas AC, Wifi, brankas, meja, dan juga pembuat teh yang bisa kamu nikmati. Selain itu di hotel ini terdapat Coffee Shop yang untuk kamu yang merasa jenuh berada di kamar dan ingin ngopi santai. Buat kamu yang kelaparan, disini juga disediakan hidangan masakan Indonesia, Barat, serta hidangan khas Timur Tengah.

Untuk kamu yang ingin booking kamar di Horison Aziza Solo ini bisa memesan lewat misteraladin dengan pilihan harga yang terjangkau.

7. The Alana Solo Hotel & Convention Center

Lobi megah The Alana Solo Hotel & Convention Center

Dari Bandara Adi Sumarmo, sekitar 15 menit kamu akan langsung menemukan The Alana Solo Hotel & Convention Center. Lokasi hotel ini pun cukup strategis karena dekat dengan Keraton Mangkunegara dan Kampung Batik Laweyan. Buat kamu yang berwisata sejarah dan belanja batik bisa langsung menuju kedua tempat tersebut.

Di The Alana Solo Hotel & Convention Center ditawarkan 5 tipe kamar dengan harga mulai dari Rp 407.000 per malam. Fasilitasnya pun cukup beragam diantaranya 5 ruang rapat hingga ballroom mewah yang dapat menampung 1000 orang, cukup luas bukan.

Di hotel ini pun tersedia 247 kamar yang dilengkapi dengan fasilitas modern yang nyaman. Selain itu kamu juga bisa menikmati fasilitas kolam renang dan gym untuk kamu yang ingin berolahraga. Kalau kamu ingin relaksasi sejenak, ada fasilitas pijat dan spa yang bikin badan kamu segar kembali setelah perjalanan.

8. Grand Sae Boutique Hotel

Isi kamar Grand Sae Boutique Hotel

Jika kamu sedang berada di pusat kota Solo dan cari penginapan, bisa langsung menuju Grand Sae Boutique Hotel. Karena letaknya di tengah kota, maka hotel ini dekat dengan beberapa tempat wisata yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga.

Hotel ini ini hanya menyediakan 45 kamar saja, namun fasilitas yang ditawarkan tidak mengecewakan. Di hotel ini terdapat bar dan restoran untuk kamu bersantap atau bersantai. Lalu ada fasilitas lain seperti smoking area, kebun, balkon, kolam renang, Wifi dan meeting room. Buat kamu yang ingin mencuci pakaian kotor disediakan juga jasa laundry.

Harga yang ditawarkan hotel ini per malamnya sangat murah. Kamu bisa booking langsung di agoda dengan harga mulai dari Rp 264.463.

9. Hotel Sahid Jaya Solo

Hotel Sahid Jaya Solo menyediakan fasilitas kolam renang yang indah

Salah satu hotel tertua di Solo ini akan memberikan pengalaman menginap yang menyenangkan. Hotel Sahid Jaya Solo terletak di lokasi yang strategis selalu jadi pilihan utama para turis yang berlibur ke kota Solo. Siapapun yang sudah menginap di hotel ini pasti tahu kualitas pelayanannya yang terbaik.

Hotel yang berumur setengah abad ini tak pernah berhenti memberikan pelayanan terbaiknya. Berdiri sejak 1965, Hotel Sahid Jaya Solo ini menawarkan beberapa fasilitas oke untuk tamu yang menginap mulai dari kolam renang, Wifi, hingga sarana olahraga atau gym.

Hotel Sahid Jaya Solo menawarkan 3 tipe kamar dengan harga yang terjangkau mulai dari Rp 375.000 per malam. Staffnya yang ramah akan menyambut anda dengan pelayanan terbaik. Kemudian di hotel ini terdapat restoran yang menyajikan aneka kuliner yang sedap untuk dinikmati.

Jadi tak perlu ragu untuk datang ke Hotel Sahid Jaya Solo jika kamu berlibur ke kota Solo.

10. Swiss-Belinn Saripetojo Solo

Hotel bintang lima Swiss-Belinn Saripetojo Solo

Berlokasi di salah satu jalan utama kota Solo, membuat Swiss-Belinn Saripetojo Solo ini jadi penginapan favorit para turis yang berlibur ke kota Solo. Dulunya hotel ini merupakan sebuah bangunan pabrik es yang dibangun oleh Belanda.

Hotel Swiss-Belinn Saripetojo Solo menyediakan 4 tipe kamar dengan harga yang ramah mulai dari Rp 377.000 per malamnya. Fasilitas yang disediakan cukup menarik dan beragam ada Wifi, toko cinderamata, hingga layanan kebersihan. Selain itu juga terdapat sauna, tempat pijat kolam renang, hingga gym.

1 komentar untuk "10 Pilihan Hotel Terbaik di Kota Solo, The Spirit of Java"

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ajoqq^^com
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajoqq^^com...
    segera di add Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus

Posting Komentar

close