“KEEP CALM and Carry On” Slogan Dengan Masa Lalu Yang Kelam




Pasti kamu semua pernah dong atau sering melihat slogan yang bertuliskan Keep Calm and Carry On or Keep Calm and Bla bla bla“.
Ya, slogan tersebut pasti dengan mudah ditemui baik di media social, poster, sticker, ataupun objek lainnya. Jika diartikan kalimat tersebut bertuliskan tetang tenang dan santai. Dibalik arti slogan tersebut memang menyampaikan suatu pesan yang positif. Pernah kah kalian terpintas darimana asal munculnya slogan Keep Calm and Carry Onini yang akhirnya menjadi viral?

Masa Perang Dunia II



Berawal dari masa perang dunia dimana Inggris saat itu di invasi oleh Jerman setelah pecahnya perang pada tahun 1939. Kemudian pemerintah Inggris Raya yang saat itu dipimpin oleh King George VI membentuk kementerian Informasi sebagai departemen yang bertanggung jawab untuk publikasi dan propaganda selama Perang Dunia Kedua.

Karena kondisi perang semakin bergejolak, kementrian informasi membuat poster - poster bertujuan untuk menenangkan dan memberikan semangat keberanian, serta membangun mental masyarakat Inggris saat itu sedang mengalami krisis. Atas tujan itulah tercipta slogan “Keep Calm and Carry On yang sejatinya merupakan hal sederhana yang mudah diingat tidak mengandung politik atau perang. Slogan ini pun ditempelkan di seluruh kepulauan Inggris Raya bersama dengan poster lainnya.

Slogan dicetak, namun tidak pernah dipublikasikan

Poster ini dirancang dengan sangat sederhana yakni dengan latar belakang berwarna merah yang berarti keberanian dan simbol mahkota sebagai tanda pesan dari kerajaan Inggris. Sebelum munculnya poster dengan slogan “Keep Calm and Carry On, pemerintah membuat dua poster sebelumnya yang berbunyi "Freedom Is In Peril. Defend It With All Your Might"  dan "Your Courage, Your Cheerfulness, Your Resolution Will Bring Us Victory" yang masing dicetak sebanyak 400.000 dan 800.000 salinan.




Pada tahun 1940 barulah poster dengan slogan “Keep Calm and Carry On diterbitkan. Poster ini rencananya pun akan disebar dan ditempelkan di seluruh penjuru Inggris Raya. Akan tetapi karena ada beberapa masalah dari sisi internalnya, akhirnya poster ini tidak dipublikasikan dan malah dihancurkan yang secara resmi tidak dilihat oleh publik.

Ditemukan lagi puluhan tahun kemudian

Setelah pada akhirnya pemerintah Inggris tidak mempublikasikan poster ini dan diyakini telah hancur menjadi debu. Namun, setelah 50 tahun kemudian tepatnya pada tahun 2000 ternyata salinan poster tersebut ditemukan oleh seorang penjual toko buku bekas Barter Books di Victoria Alnwick, Inggris. Poster tersebut ditemukan di antara tumpukan buku – buku tua yang sudah berdebu.




Pemilik toko Stuart dan Mary Mantley membingkai poster tersebut dan menempelkannya di dinding dekat meja kasir. Tadinya poster tersebut digunakan untuk menarik pelanggan, namun siapa sangka ternyata banyak pelanggannya yang berkomentar dan tertarik. Pada akhirnya pemilik toko mencetak ulang salinannya dan diperjual belikan.

Hingga saat ini poster tersebut menjadi populer

Sejak ditemukannya poster tersebut, hingga saat ini telah menjadi ramai dan populer di masyarakat di dunia. Tidak hanya berupa poster, slogan Keep Calm and Carry On”  dibuat pada objek lain seperti mug, T-shirt, hingga untuk hiasan dinding. Adapula yang memanfaatkannya sebagai parody poster dengan mengubah frase dan mahkotanya menjadi terbalik bertuliskan "now panic and freak out ".




Nah, sekarang Kamu tahu kan bagaimana asal usul dari slogan “Keep Calm and Carry On”. Sejarah yang panjang dan kelam, terutama bagi masyarakat Inggris memunculkan slogan digunakan untuk membuat ketenangan dan memacu semangat membara dengan mental yang kuat untuk keluar dari krisis selama masa perang.

Tidak ada komentar untuk "“KEEP CALM and Carry On” Slogan Dengan Masa Lalu Yang Kelam"

close